Kekeyi baru saja meluncurkan lagu yang berjudul Keke Bukan Boneka pada Kamis (29/5/2020). Namun, ada bagian reff lagu Kekeyu yang diduga mirip dengan lagu Rinni Wulandari yang berjudul Aku Bukan Boneka. Pencipta lagu Aku Bukan Boneka yang dipopulerkan Rinni Wulandari, Novi Umar ikut buka suara terkait dugaan plagiarisme.

Novi Umar tampak terkejut kala mengetahui lirik dan nada lagu yang pernah ia ciptakan untuk Rinni Wulandari."Banyak yang bilang, bagian dari lagu saya yang saya buat Rinni yaitu Aku Bukan Boneka, itu dipakai penyanyi lain untuk single barunya," kata Novi Umar.

"Part-nya memang pendek ya, kalau part aslinya 'Aku bukan boneka, boneka'. Nah itu diganti 'Keke bukan boneka, boneka'. Part ini salah satu part yang menjadi semacam kaya racunnya di lagu Aku Bukan Boneka," imbuh Novi Umar. Lebih lanjut, Novi Umar pun mengaku bisa memaklumi jika Kekeyi tidak mengerti soal hak cipta. Namun, Novi Umar menyayangkan sikap dari manajemen atau label tempat Kekeyi merilis single-nya. "Saya mungkin akan memaklumi si penyanyi ini. Karena si penyanyi ini bukan penyanyi yang memiliki album. Jadi mungkin dia tidak paham tentang karya cipta, hak kekayaan intelektual seseorang. Tapi yang saya sayangkan adalah saya yakin si penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer atau label yang dia rilis," ucap Novi Umar.

Bercermin dari lirik lagu tersebut, Novi Umar mengaku jadi merasa diambil haknya tanpa izin "Itu menurut saya sama saja dengan mengambil hak saya. Tanpa seizin saya. Saya akan respek seandainya berkomunikasi dengan saya pribadi atau sony music sebagai label tempat saya bernaung," ungkap Novi Umar.

Sementara, melansir dari YouTube Dunia Manji, Kekeyi pun akhirnya buka suara.

Kekeyi mengaku menciptakan sendiri lagu Keke Bukan Boneka. "Iya, aku buat lagu sendiri. Tapi aransemennya itu dibuat di studio," bongkar Kekeyi. Akan tetapi, setelah video klip lagu Keke Bukan Boneka viral, Kekeyi malah mengaku deg-degan. Lantas, Anji pun penasaran dan menyinggung soal plagiat. "Emang kenapa deg-degan? Kekeyi merasa lagu itu mirip atau merasa plagiat lagu itu?" tanya Anji. Disinggung seperti itu, Kekeyi pun menceritakan awal mula dirinya menciptakan lagu tersebut.

"Aku itu pas menciptakan lagu itu, mantan aku tuh bilang kamu tuh bukan boneka, ngeledek kecil-kecilan. Terus gimana ya kalau aku buat puisi, kata-kata." "Terus aku kan kursus ukulele, ke studio bikin aransemen terus ya bikin lagu," papar Kekeyi.

Mengenai dugaan plagiat lagu, Kekeyi mengaku tak tahu menahu. "Aku gak tahu kalau itu hampir mirip, jujur gak tahu kok tiba-tiba rame," ungkap Kekeyi. Jika memang benar lagunya ada kemiripan, Kekeyi lantas bersedian minta maaf. "Kalau misalkan benar, aku minta maaf," ujar Kekeyi. "Jadi, kalau misalkan ada kemiripan lagu sama Novi Umar gitu ya maksudnya?" tanya Anji. "Iya," jawab Kekeyi.

"Aku minta maaf banget. Aku bukan berniat buruk, kayak ambil lagu orang atau gimana. Atau ngambil hal cipta orang, bukan," ujar Kekeyi. "Aku cuma buat lagu, bener-bener gak tahu kalau itu sama," tambahnya. Lantas Kekeyi pun mengaku kini deg-degan. Bahkan Kekeyi mengaku sampai menangis. "Kemarin aku deg-degan sampai nangis. Kenapa, aku salah apa. Aku sampai mikir aku salah apa sih," ujar Kekeyi dengan mata berkaca-kaca. Kemudian, Kekeyi pun kembali disinggung soal pernyataan Novi Umar pencipta lagu Aku Bukan Boneka "Setelah Kekeyi rilis lagu Keke Bukan Boneka, kan Novi Umar bikin statement tuh di Instagram," singgung Anji.

"Nah itu aku gak tahu," jawab Kekeyi.

"Sumpah gak tahu, gak tahu sama sekali," imbuhnya.

"Beneran gak tahu?" tanya Anji.

"Jujur sumpah, beneran gak tahu," tegas Kekeyi sambil menangkupkan dua tangan.

"Aku cuman kok ada kayak gini, ini apalagi. Sampai apa ya, aku salah apa," ujar Kekeyi hampir menangis.

Kekeyi mengaku senang lagunya jadi trending dan berterima kasih pada sahabat-sahabat yang sudah mendukungnya. Namun jika lagu itu sampai jadi llnflik karena dugaan plagiat, Kekeyi sekali lagi menegaskan ketidaktahuannya. "Aku seneng jadi trending, terima kasih buat sahabat-sahabat Kekeyi. Tapi kok malah jadi konflik. Aku gak tahu," ujar Kekeyi. Mengetahui Kekeyi hampir menangis, Anji pun meluruskan ucapan Novi Umar.

"Novi Umar bilang sama aku, kalau ucapannya itu hanya untuk edukasi, bukan menjatuhkan Kekeyi," ujar Anji.

"Makasih," jawab Kekeyi.

Meski begitu, Kekeyi mengaku takut dilaporkan ke polisi dan dipenjara akibat dugaan plagiat.

Ia pun bahkan sampai menangis ketika ungkap hal tersebut.

"Tapi aku tuh takut banget kalau di penjara. Nanti kalau misal aku di penjara gimana?" ucap Kekeyi menangis.

"Aku niatannya cuma menghibur doang, itu aja. Gak mikir yang lainnya. Kalau misalkan aku di penjara gimana? Aku sempat mikir kemarin ya udah delete aja lagunya, gak apa-apa," papar Kekeyi berderai air mata.

"Ya ampun, kamu sampai kepikiran takut di penjara?" tanya Anji.

"Iya, kemarin aku...hiks hiks," jawab Kekeyi sambil menangis tersedu-sedu.

Melihat Kekeyi masih menangis, Anji pun berusaha menenangkan.

"Tenang, tenang," ujar Anji.

"Maksud Novi Umar itu menedukasi bahwa ada bagian di lagu Kekeyi yang mirip dengan lagu yang diciptakan," tutur Anji lagi.

"Mungkin nanti akan ada pihak publisher, yang memegang lagu itu. Santai santai aja Kekeyi," ujar Anji.

 




Video by Dunia Manji
Foto by Google
Artikel by Tribun Bogor